Print
Jul
09

PA Bukittinggi Berbagi Pengalaman dengan PA Bengkalis | (9/7)

User Rating: / 0
PoorBest 

PA Bukittinggi Berbagi Pengalaman dengan PA Bengkalis

Penyerahan Cendra Mata Dari Drs. Faizal Kamil, SH.,MH (Ketua PA Bangkinang) kepada Bapak Drs.Syahrial Anas,SH  (Ketua PA Bukittinggi) saat berkunjung ke PA Bukittinggi  (Jumat/ 14 Juni 2013)

Bukittinggi | www.pa-bukittinggi go.id

Jumat (14/6/2013), rombongan studi banding dan silaturrahmi KPA Bengkalis tiba di Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas IB.  Rombongan di pimpin Langsung oleh Ketua KPA Bengkalis  Drs. Faizal Kamil, SH.,MH dan sejumlah Tim IT PA Bengkalis.

Kedatangan Rombongan KPA Bengkalis  ini disambut hangat oleh Ketua PA Bukittinggi Kelas IB  Drs. Syahrial Anas SH., wakil ketua, Pansek, hakim Pejabat Struktural dan fungsinal serta karyawan karyawati PA Bukittinggi Kelas IB.

Rombongan ini langsung di arahkan ke ruang Ketua PA Bukittinggi Kelas IB, untuk menikmati hidangan sekedarnya. Kemudian  selesai acara penyambutan ini, Ketua PA Bukittinggi Kelas IB mempersilahkan untuk mengetahui mana saja yang diperlukan  rombongan PA Bengkalis.

Dalam sambutannya, Ketua PA Bukittinggi menyampaikan kita beserta seluruh jajaran berkomitmen untuk mewujukan Lembaga Peradilan yang modern, Dua faktor yang paling berperan dalam kesuksesan reformasi terletak pada kuatnya kepemimpinan (strong leadership) di tubuh PA Bukittinggi dan untuk mengimplementasikan SK KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan dan SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

Di tengah presentasinya digambarkan pencapaian kinerja PA yang dijadikan sample kategori yang mencapai level kinerja excellent dan alhamdulillah PA Bukittinggi Kelas IB mendapat pencapaian Meja Informasi yang patut disyukuri, namun hal ini jangan meninabobokan kita, sehingga jumawa yang akhirnya berimplikasi pada penurunan produktifitas kerja, kita harus semangat dan tetap semangat,” tegas Drs. Syahrial Anas SH enerjik ini penuh optimisme.

Lantas apa saja sebetulnya yang telah dilakukan oleh PA Bukittinggi Kelas IB dalam mensukseskan salah satu misi reformasi?

Ada sejumlah kebijakan dan aktivitas penting yang terlihat paling menonjol adalah Meja Informasi dan teknologi informasi. Dengan anggaran yang bisa dibilang minimalis,  sejumlah gagasan, program brilliant yang dicetuskan dalam mereformasi yang dijalankan PA Bukittinggi  sangat penting karena dampaknya yang begitu besar untuk masyarakat Pencari Keadilan. Cara-cara lama seperti bertemu face to face, sebagai gantinya, pelayanan informasi akan mengandalkan penggunaan key board, CPU, layar monitor, dan jaringan internet.

Rombongan PA Bangkinang saat melihat pelayanan meja informasi PA Bukittinggi (Jumat/14 Juni 2013)

KPA Bengkalis  IB, Drs. Faizal Kamil, SH.,MH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan PA Bukittinggi beserta seluruh jajaran yang telah berkenan menerima dan menyambut rombongan dengan ramah tamah.

Beliau juga menyampaikan tujuan Kunjungan kerja berkaitan dengan Peningkatan wawasan dan kwalitas pelayanan publik dan meja informasi. Tujuan studi banding ini juga untuk mempererat silaturahmi antar warga peradilan agama. dengan harapan kegiatan studi banding tersebut dapat menjadi media pertukaran informasi dan pengalaman untuk mencapai kualitas kinerja yang lebih baik di masa yang akan datang, hasil dari Kunjungan kerja ini akan dijadikan referensi dan berbaikan untuk Peningkatan wawasan dan kwalitas keilmuan juga dibidang Meja Informasi.

Dalam kunjungannya membidik beberapa instansi pemerintah yang dirasa cukup representatif dan mempunyai korelasi yang kuat dengan PA Bengkalis dalam upaya transformasi pengetahuan dan tekhnologi dibidang informasi sebagai upaya modernisasi birokrasi, selaras dengan komitmen program kerjanya, studi banding ini diharapkan dalam rangka mewujudkan E-Government dalam meningkatkan pelayanan publik berbasis IT, demi tercapainya reformasi birokrasi yang tengah digelorakan.

Tim PA Bengkalis melihat secara langsung bagaimana penataan ruangan dan pelayanan satu pintu (one stop service), kelengkapan apa saja yang terdapat pada meja informasis emua itu dapat dilihat dan dipelajari. Pada akhir acara, KPA Bengkalis menyampaikan harapannya bahwa hasil silaturahmi ini dapat ditindaklanjuti  dan diterapkan di PA Bengkalis.

Untuk pengadilan Kelas IB, meja Informasi Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas IB telah berhasil nangkring di posisi puncak, menduduki posisi teratas. Meja Informasi Pengadilan Agama Bukittinggi pandai menempatkan sesuatu yang tepat pada waktu yang tepat telah menorehkan Prestasi besar dan menumental dalam sejarah perkembangan peradilan agama.

“Prestasi-prestasi penting dan membanggakan itu  telah mempersembahkan dan menjadi “kado ulang tahun ke-130 tahun Peradilan Agama, untuk itu kami sangat antusias ke PA Bukittinggi ini, tegas Drs. Faizal Kamil, SH.,MH.

Foto bersama saat melepas rombongan PA Bangkinang di Pengadilan Agama Bukittinggi Kelas IB

Ketua Bukittinggi mengucapkan terimakasih juga rasa bahagia dan terima kasih kepada seluruh rombongan studi banding yang telah berkenan mengayunkan langkah dan meringankan tangan untuk datang ke Pengadilan Agama Bukittinggi.

Kegiatan  tersebut akan menambah semangat dan motivasi bagi Pengadilan Agama Bukittinggi untuk selalu berbenah diri, sekaligus akan memperkuat tali silaturahiim sesama warga Peradilan Agama, nampaknya kita perlu melakukan reinternalisasi apa yang menjadi sikap para founding fathers dari institusi kita, tambah Ketua Bukittinggi mengakhiri. (red.Rismal Riandi,SH)

Dibaca: kali

Sumber berita ini adalah
Index Berita Seputar PA

Written by Adil Fakhru Roza.

Dukungan Online

Jangan ragu untuk menghubungi kami:
Support1
Support2

Email
pa.sijunjung@pta-padang.go.id

Jumlah Kunjungan penghitung jumlah kunjungan web per hari

726861
Hari IniHari Ini89
KemarinKemarin121
Minggu IniMinggu Ini351
Bulan IniBulan Ini3187
Total KunjunganTotal Kunjungan726861

Jejak Pendapat anda dapat berpartisipasi dengan memilih

Penilaian anda terhadap web kami yang baru